Sinkronisasi dan Validasi Data Tenaga Kependidikan Dengan Dinas Pendidikan Region 1 Jakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengembangkan strategi penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan nasional di Indonesia yaitu Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP). Merujuk kepada peraturan menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 tahun 2009, bahwa SPMP merupakan kegiatan yang sistematik dan terpadu dalam penyelenggaraan pendidikan untuk meningkatan kesejahteraan kehidupan bangsa Indonesia. Dalam SPMP ini, setiap komponen pendidikan bertanggungjawab untuk terlibat didalamnya, pengawas sekolah, kepala sekolah, tenaga administrasi sekolah, laboran dan tenaga perpustakaan merupakan salah satu komponen penting dalam mewujudkan ketercapaian sistem penjaminan mutu pendidikan tersebut.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional serta telah dipertegas sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang telah ditindaklanjuti dengan Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, maka kedudukan tenaga kependidikan dalam dunia pendidikan sangat strategis baik secara horizontal maupun vertical. Ruang lingkup yang luas secara horizontal bersentuhan langsung dengan satuan pendidikan. Sedangkan secara vertical tenaga kependidikan harus mampu memfasilitasi berbagai macam informasi hasil pengawasan untuk kepentingan stakeholder pendidikan guna pengambilan kebijakan dalam penyelenggaraan pendidikan.

Dalam menyikapi peran penting tenaga kependidikan tersebut, maka kompetensi dan profesionalimenya harus selalu ditingkatkan dan dikuatkan. Untuk menunjang hal tersebut diperlukan data seluruh tenaga kependidikan secara akurat dan tepat sebagai dasar untuk melakukan analisis kondisi tenaga kependidikan.

Sehubungan dengan kebutuhan akan penguatan kapasitas kompetensi Tenaga kependidikan, maka diperlukan suatu sistem informasi yang terintegrasi di semua lingkup satuan kerja kemendikbud. Hal ini dimaksudkan agar semua informasi tentang kondisi tenaga kependidikan dapat disajikan secara cepat dan akurat. Selain itu sistem informasi tersebut dapat menjadi sarana untuk melakukan analisis akan kebutuhan tenaga kependidikan dan program-program penguatan kompetensinya.

Terhadap hal tersebut diatas, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, memandang perlu untuk melakukan kegiatan Sinkronisasi dan Validasi Data Tenaga Kependidikan Dikdasmen dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten / Kota sebagai salah satu upaya untuk memberikan perbaikan kinerja, penguatan kualitas data tenaga kependidikan dan pengembangan profesionalisme tenaga kependidikan di masa yang akan datang.

Kegiatan Sinkronisasi dan Validasi Data Tenaga Kependidikan Dengan Dinas Pendidikan Region Jakarta dilaksanakan pada tanggal 4 s.d 7 Maret 2018, bertempat di Hotel Swissbel Residances Kalibata, Jl. Raya Kalibata No.22, RT.6/RW.7, Rawajati, Jakarta Selatan 12740.

Peserta kegiatan Sinkronisasi dan Validasi Data Tenaga Kependidikan Dengan Dinas Pendidikan Region Jakarta ini secara keseluruhan adalah 218 orang, dengan 6 operator dari unsur Dinas Pendidikan Propinsi dan 103 operator dari unsur Kabupaten/ Kota yang berada di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten, dan Lampung.

21 Maret 2018 Pukul 15 : 29 : 43 Last Updated by Operator Tendik




Download File Berita :


Tidak ada file berita